Jumat, 24 Januari 2014

Crochet: Belajar Membaca Pola Sederhana

Belajar crochet tak bisa lepas dari belajar membaca pola tusukan. Banyak sekali jenis benda yang beraneka ragam motif dan bentuknya bisa dibuat tergantung dari pola tusuk yang digunakan. Setelah memahami tusuk-tusuk dasar, selanjutnya aku mesti bisa baca pola supaya bisa bikin benda yang lebih kompleks lagi. Setelah browsing dan tanya2 ke sana- sini, ternyata jenis pola pun ada banyak. Ada pola Jepang, ada pola wong bule, ada yang berupa diagram, ada pula yang berupa instruksi verbal.Pola yang menggunakan gambar/diagram biasanya merupakan diagram lambang2 tusuk yang digunakan dalam suatu project. Misalnya, dalam pola di bawah ini,
x berarti single crochet; simbol seperti huruf t berarti double crochet, danterusnya. Biasanya kalau kita belajar tentang tusukan dasar, simbol-simbol ini juga diperkenalkan. Contohnya aja kalo kita blajar dari CROCHET FOR DUMMIES.

Selain pola dengan gambar tersebut, ada pula pola-pola yang menggunakan instruksi verbal. Biasanya kalo kita browsing di internet untuk pola2 gratis, pola yang keluar adalah pola dalam bahasa Inggris. Agak sulit menemukan pola dalam bahasa Indonesia hahahah ato mungkin aku yang kurang giat ngubek2 gugel. Pola-pola verbal ini biasanya juga selalu disertai singkatan2 (abbreviations) dari tusuk-tusuk yang digunakan.

Rencananya, aku mau belajar membuat bunga mawar dan setelah browsing, aku menemukan pola MAWAR ini dalam bahasa Inggris. AKu mencoba beberapa langkah awal dan mengalami kebingungan pas harus interpretasi maksud dari pola tsb. Kebetulaaan bangettt, pas lagi bingung2, aku nemu Pola Bunga Mawar yang mirip yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, di blog mba Norika Dewi.Setelah aku membaca pola bahasa Indonesia, dan aku balik baca bahasa Inggrisnya, ternyata nyambung dan jadi lebih mudah. Setelah membaca dua pola ini, aku merasa lebih mudah membaca pola2 dalam bahasa Inggris karena uda tau kira2 inerpretasinya seperti apa ketika kita praktekin.

 Ini diaaaa bunga mawar yang berhasil aku buat dengan modal pola di atas. Terima kasihhh mba Norika dan web crochet Hachi Yarn ^^





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar